• Uncategorized
  • 0

Pemikiran Ram Charan, motivasi tersendiri

Tadi baca-baca milis smatn ada tulisan ttg pemikiran ram Charan..ternyata yang selama ini aku yakini ngga terlalu meleset..pemikiran apakah itu? *tuink..tuink.. 😀

Aku berkeyakinan bahwa segala sesuatu itu bisa disederhanakan, karena hal yang komplek (canggih) pun tersusun dari hal-hal yang sederhana. Contoh : kita pasti pernah terpikir, gimana ya cara orang buat software2 komputer (office, adobe, email, music player, dll) koq kayaknya rumit banget sih?!. Kerumitan software komputer yang kita liat sehari-hari itu ga lebih merupakan logika 1 dan 0 (really really sederhana kan).

Jadi gini nih logikanya, CMIIW (Colek Me If I am Wrong :P). Ehmm..mungkin dulu ada yg pernah belajar elektonika, ataw belajar assembler, itutuh bahasa tingkat rendah (kalo yg ga ngerti terima aja yah, baca teruss…) Jadi yaa gitu deh (*loh, piye to nop?) Nah, bahasa assembler itu disusun dari salah satu perangkat yang dinamakan chip, di chip ini kan perlatan elktronika yang hanya mengenal arus positif (+, bernilai 1) dan negatif (-, bernilai 0).

Nah bahasa assembler ini digunakan untuk menyusun bahasa pemrograman yg lebih tinggi (pascal, basic, C, dll) dan lebih tinggi lagi yaitu OOP (Object Orientd Programming, spt VB, delphi, C++), bahasa pemrograman inilah yang digunakan untuk membuat software-software yang selama ini kita gunakan (office, adobe dan temen2nya itu)..gimana dicopy?! kalo belum ngopy2 dulu gih di warteg terdekat..

Balik ke pemikirannya Ram Charam (siapakah itu?cari sendiri di gugel, jangan malas!!) ini ada beberapa quote yang mendukung teori “penyederhanaan” itu (hmm..sebenernya ini agak basi sih, but it’s true..di situlah kekuatannya, cuman yg susah itu adalah pelaksanaannya)

“Menyederhanakan berbagai ide yang muluk-muluk sesuai dengan pokok-pokok kebutuhan organisasi dan pemimpinnya. Cara lainnya, dengan menelusuri permasalahan ke belakang untuk menentukan kebutuhan perusahaan, kemudian mencari solusinya. Lalu, Anda menyesuaikan solusinya dengan akal sehat (common sense). Dan, percayalah, akal sehat itu punya kekuatan yang luar biasa (uncommon).”

Segala sesuatunya datang dari pengalaman. Semua atlet jadi juara karena latihan. Jadi, orang datang ke perusahaan, mereka belajar hal-hal fundamental dan dasar tentang strategi eksekusi yang baik, mereka belajar dari bosnya.

Sifat-sifat terpenting seorang pemimpin adalah, pertama, disiplin. Kedua, mau bekerja sama dengan orang lain. Ketiga, memiliki determinasi untuk menyelesaikan pekerjaan.

Benchmarking ataw membandingkan dengan sesatu hal yang sudah terbukti bagus

That’s it, itu sedikit penangkapan utekku yg kecil ini 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.